Semarak Haul Mbah Ali ke-34: Panitia Gelar Sunatan Massal

Semarak Haul Mbah Ali ke-34: Panitia Gelar Sunatan Massal

Krapyak – Almunawwir.com

Sebanyak 37 anak mengikuti kegiatan sunatan massal yang diadakan oleh panitia haul KH. Ali Maksum ke-34, Kamis 1/11/2022. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan sebelum puncak acara haul Mbah Ali yang rencananya akan dihelat pada Sabtu, 3/11/22.

Khitanan massal ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan haul KH. Ali Maksum ke-34. Acara ini digagas oleh Yayasan Ali Maksum dan didukung oleh berbagai lembaga-lembaga terkait seperti Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU), BKM Ali Maksum, Banser, dan tak lupa dukungan dari warga sekitar.

Tutur Nyai Hj Ida Rufaida Ali saat memberikan sambutan.
Sunatan Massal
Sumber Gambar: Tim Media Ali Maksum

Baca juga: Dr. Lilik Umi Kulsum: Trend Tahfidz yang Tidak Diimbangi Tajwid

Acara sunatan massal diawali dengan registrasi peserta, kemudian dilanjut pawai singkat, seremonial singkat dan disambung acara utama, prosesi sunatan masal. Panitia juga menghadirkan tim drumband putra MA Ali Maksum dalam rangka menyambut peserta ketika pawai singkat berlangsung.

Pasukan Drumband Tengah Menghibur Peserta Sunatan

Tampak anak-anak yang menjadi peserta khitan massal terlihat sangat antusias untuk mengikuti mekanisme sunatan yang dilaksanakan di Gedung lokal Madrasah Aliyah Ali Maksum.

Sebab, tak hanya kehadiran tim drumband, panitia juga memberikan hiburan-hiburan kepada para peserta sunatan sembari menunggu antrian. Hal ini dilakukan supaya peserta tidak tegang ketika akan masuk ruangan operasi.

Hiburan ini dibawakan oleh  Kak Tony (pendongeng dengan ciri khas boneka tangannya) yang juga pernah menjadi salah satu peserta Indonesia Got Talent 2022. Selain disunat, anak-anak juga mendapatkan bingkisan berupa sarung, songkok, baju koko, peralatan sekolah dan buku bacaan.

Baca juga: Melihat Kembali Perjalanan Burdah Nabi Sampai Turki

Menurut panitia, ada enam ruang kelas yang digunakan sebagai ruang operasi peserta khitan masal. Panitia juga melibatkan 16 tenaga medis yang sudah bersertifikasi yang berasal dari Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) dan BKM Ali Maksum untuk mensukseskan acara ini.

Sumber Gambar: Tim Media Ali Maksum

Kami berterima kasih kepada Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU)  dan seluruh elemen yang ikut mensukseskan acara ini. Harapannya semoga acara ini bisa istiqomah dan ke depan pesertanya makin banyak.

Harap Bapak Fikri selaku ketua panitia event ini.

Baca juga: [Cerpen] Menggunjing itu Sarang Dosa

Abdillah Amiril Adawy

Abdillah Amiril Adawy

Abdillah Amiril Adawy

Santri Komplek Madrasah Huffadz 1 PP. Almunawwir Krapyak. Minat Kajian Keislaman (Bahsul Masail, Kepesantrenan, dan Kisah Inspiratif).

13

Artikel