Bakti Sosial : “Mewujudkan Kepedulian dan Rasa Cinta Kasih”

Bakti Sosial : “Mewujudkan Kepedulian dan Rasa Cinta Kasih”

Almunawwir.com – (Ahad, 20/8/17) Bakti Sosial (BAKSOS), Bakti sosial atau lebih dikenal sebagai baksos merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Bakti Sosial merupakan suatu kegiatan dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merapatkan kekerabatan kita.

Bakti sosial antar warga yang dilakukan oleh mahasiswa dan pengurus pesantren ini adalah untuk mewujudkan rasa cinta kasih, rasa saling menolong, rasa saling peduli kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan mereka. Dalam hal ini, Divisi Sosial dan Budaya (Sosbud) Pengurus Pusat Pondok Pesantren Al Munawwir bekerjasama dengan KKN UIN Sunan Kalijaga Angkatan 93 menyelenggarakan bakti social di  Dusun Nyemuh, Krambilsawit, Saptosari, Gunung Kidul. Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Dukuh Nyemuh pada tanggal 20 Agustus 2017 mulai pukul 10.30 – 13.00 WIB.

Kegiatan Bakti Sosial ini berupa pengadaan bazar yang bersifat kesosialan masyarakat, yakni dengan menyediakan berbagai jenis pakaian bekas yang masih layak pakai, dengan harga maksimal 5 ribu rupiah per pcs. Hasil penjualan dari bakti sosail ini disumbangkan kembali ke dusun setempat untuk kepentingan kegiatan pemuda (karang taruna) dan kepentingan masyarakat lainnya.

Dengan adanya kegiatan bakti social ini, tentunya masyarakat merasa sangat bahagia sekali dengan diadakannya kegiatan ini. Kegiatan yang semacam ini merupakan pertama kalinya diadakan kegiatan baksos dengan bazar pakaian murah di lingkungan tersebut. Hampir seluruh masyarakat ikut berpartisipasi dalam bazar ini.

“Kami sangat berharap dengan diadakannya Bakti Sosial ini, kami dapat membantu dan mengulurkan tangan dalam membentuk masyarakat yang lebih sejahtera, baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan taraf hidup.” Ujar pengurus masyarakat Nyemuh saat bakti social ini.

Panitia penyelenggara berharap, Mereka-mereka yang merasa peduli dan mampu untuk melakukan bakti sosial adalah subjek yang menjadi pelaku baksos. Karena tidak semua orang mau untuk melakukan bakti sosial dengan berbagai alasan maka kita seharusnya bisa menumbuhkan rasa mau melakukan bakti sosial kepada masyarakat. Untuk menumbuhkan rasa itu tidak lah mudah, dibutuhkan suatu kemauan dasar diri sendiri, disamping adanya faktor pendukung dari lingkungan untuk mengajaknya bergabung dalam kegiatan bakti sosial tersebut. [Hikam]

Redaksi

Redaksi

Redaksi

Tim Redaksi PP. Al-Munawwir

462

Artikel