Haul Penghulu Al-Quran Nusantara, KH. M. Munawwir ke-83

Haul Penghulu Al-Quran Nusantara, KH. M. Munawwir ke-83

Haul Almagfurlah K.H. Muhammad Munawwir bin Abdulloh Rosyad ke-83 akan segera dihelat dalam beberapa hari lagi. Rangkaian acara haul tahun ini akan dilaksanakan selama enam hari dimulai sejak tanggal 8-13 Januari 2022.

Perayaan haul menjadi semacam acara hari raya tersendiri bagi pondok pesantren. Pasalnya, pada saat itu kegiatan ta‘lim wa ta‘allum akan rehat sejenak, sebab para santri akan tumpah ruah mengikuti beberapa rangkaian acara haul tanpa terkecuali.

Para masyayikh dan dzurriyyah Simbah Kiai Munawwir juga ikut terlibat dalam acara ini. Begitu juga warga-warga sekitar pondok pesantren tidak ketinggalan untuk ikut mempersiapkan acara haul. Namun, untuk tahun ini acara haul diadakan secara sederhana dan hanya akan dihadiri oleh pihak keluarga dan para santri karena memang masih dalam suasana pandemi.

Seperti tahun sebelum-sebelumnya, perayaan haul K.H. Munawwir dan para masyayikh secara konsisten memiliki beberapa acara yang tidak boleh absen, yakni Pembacaan Qosidah Burdah, Majelis Simaan Al-Quran, Majelis Khataman Al-Quran, dan Majelis Haul.

Sebelum acara puncak dihelat, ada beberapa serangkaian acara pembuka guna mengisi dan menyemarakkan haul. Diawali dengan Bahtsul Masail Al-Qur’aniyyah pada tanggal 8 Januari 2022 yang akan bertempat di Aula G Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak. Acara ini akan diikuti oleh beberapa delegasi dari setiap komplek. Kemudian pada tanggal 9 Januari terdapat agenda Ro’an Akbar yang akan dilaksanakan oleh semua santri Krapyak.

Pada hari Senin-Selasa, 10-11 Januari 2022, akan ada acara Khataman Muqoddaman dan Majelis Simaan Al-Quran. Acara ini akan diadakan di setiap komplek dan diikuti oleh semua santri. Pada tahun ini target jumlah khataman sebanyak 83 kali. Bilangan ini dipilih bertepatan dengan peringatan haul yang ke-83.

Selanjutnya ialah Pembacaan Qosidah Burdah yang akan dilaksanakan pada Selasa malam, 11 Januari. Kemudian pada Rabu pagi terdapat acara majelis simaan utama di Masjid Al-Munawwir dan Aula G Pondok Pesantren Al-Munawwir. Berbeda dengan masjelis simaan sebelumnya, majelis ini akan diisi oleh dzuriyyah bani Munawwir (para kiai dan bu nyai), serta alumni.

Tepat pada Kamis, 13 Januari, akan diselenggarakan empat rangkaian acara yang diawali dengan Pertemuan Bani Munawwir di Aula G Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak, kemudian dilanjutkan dengan Ziaroh Kubur dan Khataman Al-Quran di makam Dongkelan, dan pada malam harinya merupakan puncak acara Haul ke-83.

Puncak acara haul tahun ini akan dilaksanakan pada pukul 19.45 di halaman Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak dengan dua acara utama. Acara pertama yakni Wisuda Khataman Al-Qur’an ke-XVI dengan total 60 peserta yang terdiri dari 36 khatimin masyhurah, 21 khatimat masyhurah, 2 khatimin qiroah sab’ah, dan 1 khatimat qiroah sab’ah. Acara kedua yakni Majelis Haul K.H. Munawwir ke-83 dan para masyayikh. Sedianya acara ini akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum PBNU baru, K.H. Yahya Cholil Staquf.

Perayaan haul tahun ini merupakan edisi ke-2 yang digelar di saat masa-masa pandemi. Tentu semarak dan antusias para hadirin jelas berbeda dengan perayaan haul disaat kondisi normal sebelum pandemi. Namun hal itu tidak mengurangi esensi dari perayaan haul. Para panitia sekalipun tetap berusaha keras memaksimalkan tenaga dan pikirannya demi suksesnya acara haul tahun ini.

Abdillah Amiril Adawy

Abdillah Amiril Adawy

Abdillah Amiril Adawy

Santri Komplek Madrasah Huffadz 1 PP. Almunawwir Krapyak. Minat Kajian Keislaman (Bahsul Masail, Kepesantrenan, dan Kisah Inspiratif).

13

Artikel