Pengasuh Pondok Al-Munawwir Buka Multaqa Ulama Al-Qur’an Nusantara 2022

Pengasuh Pondok Al-Munawwir Buka Multaqa Ulama Al-Qur’an Nusantara 2022

Almunawwir.com

Krapyak (15/11) – Pengasuh Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta, KH. R. Abdul Hamid Abdul Qodir, resmi membuka Multaqa Ulama Al-Qur’an Nusantara 2022 yang bertempat di Halaman Pondok Pesantren Al Munawwir, pada hari Selasa malam (15/11).

KH. R. Abdul Hamid Abdul Qodir resmi membuka Multaqa’ 2022

Multaqa kali ini merupakan acara pertemuan dari para ulama Al-Qur’an yang akan membahas tentang perkembangan minat belajar dan menghafal Al-Qur’an oleh umat Islam di Nusantara.

Pertemuan tersebut resmi digelar pada hari Selasa-Kamis atau 15–17 November 2022 di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta.

Melalui pertemuan besar ini diharapkan menjadi fokus pembahasan dalam pencarian solusi tantangan bagi masyarakat untuk membaca dan memahami al-Qur’an dengan baik, serta bagaimana memasyaratkan Al-Qur’an agar dipergunakan sebagai pedoman di kehidupan sehari-harinya.

Pembacaan Qori’ah Internasional, Hj. Maria Ulfah pada Pembukaan Multaqa

Hal tersebutlah yang dituturkan dalam sambutan K.H. Hilmy Muhammad sebagai perwakilan shohibul bait Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak.

KH. Hilmy Muhammad memberikan sambutan sebagai Tuan Rumah Multaqa

Demikian juga dipertegas oleh Prof. Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag. sebagai Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam.

Beliau menyatakan “Di Multaqa ulama Al-Qur’an Nusantara 2022 ini kami mengundang beberapa ulama Al-Qur’an baik dari basis pondok pesantren dan basis akademisi yang bertujuan agar pemikiran keduanya dapat dikompilasikan untuk melahirkan pendidikan Al-Qur’an yang sesuai dengan tantangan zaman.”

Prof. Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag. tengah memberikan sambutan pada Pembukaan Multaqa

Acara dilanjutkan dengan pembukaan resmi kegiatan Multaqa ulama Al-Qur’an Nusantara 2022 oleh KH. R. Abdul Hamid Abdul Qodir ditandai dengan bacaan surat Al-Fatihah. Lalu dipenghujung acara sebagai penutupan, pembacaan do’a dipimpin oleh KH Abdul Malik Madani.

Pembacaan Doa oleh KH. A. Malik Madani dalam Pembukaan Multaqa 2022

Baca juga: Multaqa Ulama Al-Qur’an Nusantara 2022 Diselenggarakan Di Krapyak

Ahmada Wildan Afifi

Ahmada Wildan Afifi

AhmadaAfifi

18

Artikel