Semarak Haul 78: Ibu Nyai Hj. Ida Fatimah Zainal Berpesan Mengenai Perjuangan Setelah Diwisuda

Semarak Haul 78: Ibu Nyai Hj. Ida Fatimah Zainal Berpesan Mengenai Perjuangan Setelah Diwisuda

KRAPYAK– Semua Khotimat jangan berpuas diri dengan apa yang didapatkan saat ini. Demikian perkataan Ibu Nyai Hj. Ida Fatimah Zainal saat memberikan sambutan atas nama keluarga besar PP Al Munawwir.

Bertempat di Pondok Pusat PP Al Munawwir, dalam rangka menyemarakkan dan memperingati Haul-78 Al Maghfurlah K. H. Muhammad Munawwir bin Abdullah Rosyad 359 Khotimat–santriwati siap di wisuda pada malam puncak Haflah Khotmil Qur’an 09/04/2017.

Seperti yang di ketahui bahwa 359 Khotimat yang terdiri dari  21 santriwati khotimat 30 juz bilhifdzi, 19 santriwati khotimat 15 juz bilhifdzi, 73 santriwati khotimat 30 juz binnadzri, dan 215 santriwati khotimat juz ‘amma serta 31 santriwati dari Madrasah Tahfidz Putri Anak (MTPA) Komplek Q ini telah berlatih secara intensif sejak bulan Januari dengan persiapan sejak November 2016.

Sekitar pukul 18:30- WIB—tertera dalam jadwal, 359 Khotimat naik panggung dengan diiringi lantunan sholawat oleh Hadroh Pusat. Dalam isi sambutan yang lain, Ibu Nyai Ida juga berpesan kepada khotimat mengenai perannya kelak setelah turun dari panggung Haflah Khotmil Qur’an.

“Jalan yang kalian lalui masih panjang, jangan lantas berbangga diri, lebih baik berikhtiar untuk terus memperbaiki diri, mencari identitas dalam masyarakat”.

Selain itu Ibu Ida juga berpesan agar tak lupa serta membawa misi agung yaitu “Memasyarakatkan Al Quran dan MengQurankan masyarakat”.

Sedangkan Prosesi Khotmil Qur’an dilangsungkan—setelah sambutan usai dengan Khotimat 30 juz bilhifdzi membacakan surat Al Qiyamah mulai ayat 1-40, selanjutnya 19 santriwati khotimat 15 juz bilhifdzi membaca surat Al-An’am ayat 160-165, kemudian dilanjutkan 73 santriwati khotimat 30 juz binnadzri membaca surat Al-Hasyr ayat 18-24, dan selanjutnya 215 santriwati khotimat juz ‘amma serta 31 santriwati dari Madrasah Tahfidz Putri Anak (MTPA) Komplek Q membacakan takhtim.

Berikutnya Doa Khotmil Qur’an di pimpin oleh Ibu Nyaj Hj. Munawwaroh Zainab dan pengalungan samir oleh Ibu Nyai Hj. Ida Fatimah Zainal M. Si, Ibu Nyai Hj. Musta’anah Saniyah Najib, Ibu Nyai Hj. Khusnul Khotimah Warson.

Acara yang merangkap diri dengan Haul ke 78 Mbah Munawwir ini  disambut baik oleh masyarakat, terbukti dengan banyaknya masyarakat yang memadati halaman pesantren, baku jalan sekitar pesantren juga para pedagang serta stand dari santri pondok sendiri.

Haflah Khotmil Qur’an ini juga dihadiri oleh para wali khotimat sebagai bentuk apresiasi telah diwisudanya putri-putri mereka.

“Acara Haflah kali ini sudah bagus dan tidak mengecewakan. Terlihat dari bagaimana antusias para Khotimat saat latihan,” ungkap Afrida Zulia Fatimah, salah satu panitia Khataman.

Dengan berakhirnya Haflah Khotmil Qur’an kali ini diharapkan Haflah dua tahun yang akan datang akan lebih baik dan berjalan selancar tahun ini. (Aninda)

Redaksi

Redaksi

Redaksi

Tim Redaksi PP. Al-Munawwir

462

Artikel