Gebyar Suro; “Muharrom Sebagai Wadah Ta’aruf Santri Krapyak”

Gebyar Suro; “Muharrom Sebagai Wadah Ta’aruf Santri Krapyak”

KRAPYAK – Kebahagiaan dan keceriaan tengah dirasakan oleh santri dan santriwati PP Al-Munawwir Krapyak. Semalam, Kamis (21/9/2017) telah terselenggara grand opening atau malam pembukaan Muharroman 1439 H & Komplek Meeting. Grand opening termasuk salah satu rangkaian acara memperingati satu muharrom 1439 H.

Kegiatan yang begitu meriah ini bertempat di Aula AB. Puluhan santri dan santriwati tampak semangat mengisi setiap kekosongan tempat sejak pukul 20:00 malam. Acara muharroman sendiri dimulai pukul 20:15 WIB.

K.H. Hafidz Abdul Qodir tengah memberi mauidzoh hasanah

Peringatan Muharroman kali ini bukan pertama kalinya bagi santri krapyak. Seperti tahun-tahun sebelumnya, PP Al-Munawwir Krapyak tidak pernah absen dalam penyelenggaraan acara tersebut. Selain itu, sebelum malam pembukaan, pagi harinya seluruh santri telah dikerahkan untuk melaksanakan maqbaroh bersama. Santri mendatangi makam KH. Zainal Abidin Munawwir di Sorowajan dan makam Keluarga besar KH. Muhammad Munawwir bin Abdullah Rosyad Dongkelan. Agenda maqbaroh diadakan sebagai bentuk ketakdziman terhadap para kyai Pondok Pesantren. Selain itu sebagai bentuk rasa syukur bertemunya kembali dengan satu muharrom.

Malam tadi, K.H. Hafidz Abdul Qodir memberikan sedikit mauidoh hasanah. Setelahnya dilakukan pemotongan pita. Secara resmi,  agenda Muharroman 1439 H & Komplek Meeting dibuka.


Beliau menyampaikan pesan kepada para santri, “Peringatan muharroman tahun ini diharapkan mampu menjadi wadah ta’aruf antar santri sehingga terjalinnya keakraban keeratan dan kesatuan sesama santri krapyak”.


Selain itu beliau juga berpesan bahwasannya santri harus mampu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan mengusahakan diri untuk selalu sederhana atau qonaah.

Suasana Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ)

Usai malam pembukaan ini,  komplek meeting dan muharromaan tahun ini memiliki banyak agenda yang akan di selenggarakan selama satu bulan penuh. Diantaranya lomba Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) yang telah terselenggara malam tadi dan 15 (lima belas) cabang lomba lainnya yang tentunya akan terus dilaksanakan selama satu bulan  muharrom penuh.

Menanggapi  Perlombaan dan  Komplek Meeting ini, Thoriq Almunawwir Taufik selaku ketua panitia penyelenggara muharromaan mengatakan bahwa setiap santri yang mengikuti perlombaan diharapkan untuk selalu semangat, adapun nantinya menang atau kalah menjadi persoalan akhir.

“Yang terpenting adalah silaturahim dan saling memanfaatkan waktu sebaik mungkin,” pungkasnya.

Seperti yang diagendakan sebelumnya bahwa muharroman 1439 H & Komplek Meeting kali ini akan dimeriahkan dengan berbagai macam cabang perlombaan, yang diikiuti oleh seluruh komplek dan disemarakkan oleh seluruh santri krapyak selama satu bulan muharrom tahun ini. [Aninda]

 

Redaksi

Redaksi

Redaksi

Tim Redaksi PP. Al-Munawwir

462

Artikel