Nurussalam Krapyak gelar Muqoddaman Akbar sambut Haul 2017

Nurussalam Krapyak gelar Muqoddaman Akbar sambut Haul 2017

KH. Fairuzi Afiq Dalhar

almunawwir.com (Krapyak) – Jumat(03/11) Haul adalah salah satu acara Tahunan yang sakral bagi pondok pesantren disamping khataman dan akhirussanah. Acara yang digelar tahunan ini tentu tidak dapat dipisahkan dari tradisi pondok pesantren. Selain sebagai bentuk penghormatan kepada sesepuh pondok yang sudah mendahuli berpulang kepada sang Kekasih Sejati, acara haul juga menjadi tempat untuk bermuhasabah diri mengingat kematian. Hampir di seluruh pondok pesantren memperingati acara haul dengan menggelar tahlil akbar, khataman al- Qur’an,  pengajian dan acara-acara lainnya.

Tahun ini, rangkaian acara haul Ibu Nyai Hj. Salimah Munawwir (ke 50) dan K.H.  Dalhar Munawwir (ke 8) resmi dibuka pada Jum’at 02 November 2017 ba’da maghrib. Pembukaan acara haul tahun ini dilaksanakan di mushola Komplek Nurussalam putri dengan sambutan dan dilanjutkan dengan muqaddaman santri. Meski tahun ini tidak disertai dengan prosesi khataman seperti tahun sebelumnya, acara tetap berjalan khusyuk dan tenang.

Pembukaan dimulai dengan sambutan yang diisi oleh pengasuh Pondok pesantren Al- Munawwir Komplek Nurussalam Krapyak yakni K.H Fairuzi Afiq Alh. yang dalam sambutannya beliau mengajak seluruh santri dan juga alumni pondok pesantren nurussalam untuk sama-sama turut memeriahkan kegiatan haul simbah,  dengan menghatamkan Al-Qur’an baik di pondok nurussalam maupun di kediaman masing-masing bagi para alumni.

Acara berlanjut dengan kegiatan Muqaddaman yang dilakukan oleh seluruh santri Nurussalam baik putra maupun putri yang berjumlah 120 orang dengan 3 kali khataman al- Qur’an. Kemudian di tutup dengan doa oleh ibu Nyai H.  Siti Mukarromah. Ibu nyai juga berpesan kepada para santri untuk semakin rajin dalam membaca agar dapat menghatamkan Al-Qur’an.

Rencananya kegiatan Muqoddaman ini akan dilakukan selama tiga malam hingga malam senin 04 Nov 2017. Muqaddaman ini sekaligus sebagai tanda dibukanya rangkaian acara Haul. Puncak acara Haul sendiri rencananya akan di gelar pada Selasa (7/11/2017) dan diperkirakan akan dihadiri oleh kurang lebih 200 hingga 250 undangan yang akan diisi dengan pembacaan tahlil serta mauidhoh hasanah di komplek Nurussalam. [Nailil Fithriyyah] Editor : Faridz Anwar

 

Redaksi

Redaksi

admin

514

Artikel