[Press Release] Semarak Haul KH. Muhammad Munawwir Ke-84

[Press Release] Semarak Haul KH. Muhammad Munawwir Ke-84

Almunawwir.com – Beberapa hari mendatang Haul KH. Muhammad Munawwir bin Abdullah Rosyad ke-84 akan diselenggarakan di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta.

Serangkaian acara telah terjadwal untuk menyemarakkan acara tersebut terhitung sejak tanggal 30 Desember 2022 hingga 3 Januari 2022 sebagai acara intinya.

Momen Haul Simbah Yai Munawwir seperti pada tahun-tahun sebelumnya menjadi sebuah magnet tersendiri baik bagi para Dzurriyah, Asatidz, Santri, para Alumni.

Bahkan bagi warga sekitar krapyak untuk ikut menyemarakkan haul KH. M. Munawwir dengan niat mendapatkan berkah dari Pendiri Pondok Krapyak tersebut.

KH. Muhammad Munawwir
Manual Acara Semarak Haul KH. Muhammad Munawwir ke-84

Serangkaian acara Haul akan mulai pada Jum’at, 30 Desember 2022 dengan majelis Muqoddaman Al-Qur’an oleh masing-masing Komplek sebanyak 84 Khataman Al-Qur’an, sesuai perhitungan Haul Simbah Yai Muhammad Munawwir yang ke-84.

Baca juga: Haul Penghulu Al-Quran Nusantara, KH. M. Munawwir ke-83

Bahtsul Masa’il Qur’aniyah terjadwal kemudian harinya yaitu Sabtu 31 Desember 2022 bertempat di Aula AB PP. Al-Munawwir.

Acara ini akan diikuti oleh beberapa delegasi undangan untuk mendiskusikan dan menyelesaikan persoalan seputar pembahasan Al-Qur’an.

Pada pagi hari Ahad 01 Januari 2023 akan mengadakan Ro’an Akbar oleh seluruh komplek PP. Al-Munawwir. Selanjutnya Majelis Qoshidah Burdah, ba’da Isya bertempat di halaman Pondok Pesantren Al-Munawwir

Menyusul, majelis Sima’an Al-Qur’an yang terjadwal pada keesokan harinya, Senin 02 Januari 2023.

Adapun untuk acara puncak, berlangsung hari Selasa 03 Januari 2022. Mengawali pada pagi harinya dengan agenda Temu Alumni IKAPPAM (Ikatan Alumni Pondok Pesantren Al-Munawwir) berlokasi di aula AB PP Al-Munawwir.

Kemudian sore harinya menyelenggarakan ziarah bersama ke Maqbaroh serta Khataman Al-Qur’an.

Sebelum acara inti Haul ke-84 KH. Muhammad Munawwir. Tepat pukul 18.15 ba’da Maghrib akan menggelar majelis Haflah Khotmil Qur’an Putri oleh 494 Khatimat.

Dengan perincian 49 khatimat 30 juz bil-Hifdzi, 1 khatimat 20 juz bil-Hifdzi, 34 khatimat 15 juz bil-Hifdzi, 18 khatimat 10 juz bil-Hifdzi, 36 khatimat 5 juz bil-Hifdzi, 293 khatimat Juz ‘Amma bil-Hifdzi, 63 khatimat 30 juz bin-Nadzri.

Selanjutnya, memasuki serimonial acara inti majelis Haul simbah Yai Muhammad Munawwir berlangsung mulai pukul 21.00. Serangkaian acara ini sudah terjadwal bertempat di halaman Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak.

Melalui acara haul ini tentu harapannya menjadi sebuah momen bagi para santri maupun santriwati untuk kembali mengingat perjuangan KH. M. Munawwir bin Abdullah Rosyad dalam mengaplikasikan Al-Qur’an di keseharian beliau.

Hal tersebut dapat dijadikan rujukan terkait ghiroh para santri dalam menghafalkan Al-Qur’an dan menjaga hafalannya. Sehingga kelak dapat bermanfaat dan barokah.

Baca juga: Meneladani Akhlaq KH. Munawwir

Ahmada Wildan Afifi

Ahmada Wildan Afifi

Ahmada Wildan Afifi

Santri komplek T Asy-Syathibi Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak. Minat kajian di Kepesantrenan dan Sosial.

9

Artikel