Pesan Lora Ismael al-Kholilie Kepada Santri Ponpes Almunawwir

Pesan Lora Ismael al-Kholilie Kepada Santri Ponpes Almunawwir

(06/07) Ismael Amin Kholil atau yang lebih dikenal dengan nama Lora Ismael al-Kholilie sowan ke Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta.

Perlu diketahui, dituturkan oleh Lora Ismael al-Kholilie, bahwa Lora bukanlah suatu nama ataupun gelar yang istimewa. Tetapi Lora adalah sebutan Gus atau putra kyai di Madura.

Pondok Pesantren Al-Munawwir menjadi salah satu tujuan sowan Lora Ismael al-Kholilie selama berada di Yogyakarta. Selain untuk sowan kepada masyayikh Al-Munawwir, beliau juga sempatkan untuk bertemu dan bahkan memberikan nasihat kepada santri Al-Munawwir yang bertempat di aula G.

Setelah Lora Ismael al-Kholilie sowan di ndalem Ibu Nyai Hj. Ida Fatimah Zainal, beliau menuju aula G guna menyapa para santri. Diawali sambutan oleh perwakilan masyayikh Pondok Pesantren Al-Munawwir yakni KH. Fatoni Dalhar Munawwir. Ucapan selamat datang, terima kasih bahkan permohonan maaf tersampaikan dalam penyambutan Lora Ismael al-Kholilie.

Lora Ismael sowan Ibu Nyai Ida

KH. Fatoni Dalhar Munawwir juga sedikit menjelaskan tentang Pondok Pesantren Al-Munawwir yang berdiri di tengah-tengah masyarakat yang sangat plural dan majemuk. Gambaran tentang Al-Munawwir dan jenjang pendidikan yang terdapat di Al-Munawwir.

Selesainya sambutan yang disampaikan, langsung berlanjut acara inti, yakni mauidhoh hasanah oleh Lora Ismael al-Kholilie. Yang beliau sampaikan adalah motivasi dan bekal kepada kita dalam proses belajar khususnya mempelajari ilmu agama.

Sebagai santri yang diberikan nikmat oleh Allah SWT untuk mempelajari ilmu-ilmu khususnya ilmu agama tentunya harus sadar. Sadar bahwa ilmu yang paling utama dan berharga adalah ilmu Al-Qur’an serta ilmu yang berkaita dengannya. Al-Qur’an akan selalu menang jika dibandingkan apapun bahkan dengan dunia dan seisinya.

Baca Juga:

Selanjutnya, beliau berpesan untuk selalu menjadi orang yang bermanfaat terhadap orang lain. Menjadi orang yang semangat dalam menyampaikan sesuatu yang baik kepada lainnya.

“Kita di sini dicetak bukan untuk baik terhadap diri sendiri, tapi bagaimanapun kita bisa menyampaikan manfaat baik kepada orang lain”, tutur beliau. Bagaimana menyebarkan kebaikan sebanyak-banyaknya, itulah gunanya kita dididik di pondok ini.

Selain itu, beliau juga sempat menyinggung perihal penggunaan sosial media. Di zaman digital seperti saat ini, sosial media bisa digunakan sebagai wadah untuk berbuat kebaikan. Apalagi santri yang disebut-sebut santri millenial pasti mengenal dunia sosial media. Manfaatkanlah media sosial untuk belajar dan menyebarkan agama Islam.

Antusias para santri sungguh kentara hingga berlanjut pada sesi tanya jawab. Beberapa pertanyaan dijawab langsung oleh Lora serta bonus apresiasi berupa follback akun Instagram dan sebuah buku karya beliau. Kemeriahan acara bersama beliau ditutup dengan sesi foto bersama.

Dengan demikian, lengkaplah sudah harapan dari kedatangan Lora Ismael al-Kholilie di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta adalah dapat keberkahan, motivasi, dan bekal untuk para santri dalam belajar ilmu-ilmu khususnya ilmu agama.

“Orang gagal itu punya seribu alasan, sedangkan orang sukses punya satu alasan yakni mereka tidak punya alasan.”

Editor: Redaksi

Zia Zahra

Zia Zahra

ZiaZahra

8

Artikel