Majelis Sima’an dan Muqaddaman Al-Qur’an: Haul KH. Muhammad Munawwir ke-84

Majelis Sima’an dan Muqaddaman Al-Qur’an: Haul KH. Muhammad Munawwir ke-84

Almunawwir.com – Dalam rangka memperingati haul Simbah KH. Muhammad Munawwir, pondok pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta mengadakan Majelis Sima’an Al-Qur’an, yang menjadi salah satu rangkaian dalam acara haul ke-84.

Majelis ini menjadi salah satu rangkaian yang tidak terlupakan dalam acara haul setiap tahunnya. Kegiatan ini sudah terlaksana pada Senin, 02 Januari 2023 mulai pagi sekitar pukul 05.00 WIB hingga selesai dengan penyimaknya yaitu perwakilan beberapa santri dari masing-masing komplek.

Majelis Sima'an Al-Qur'an
Sumber Gambar: Media Al-Munawwir

Majelis sima’an putra terbagi menjadi lima tempat. Pertama; untuk majelis utama bertempat di masjid Al-Munawwir, dengan qori’nya yaitu para Romo Kyai, dan beberapa alumni. Kedua; bertempat di maqbaroh Dongkelan, di area makam simbah KH. Muhammad Munawwir dengan qori’ santri-santri dari pondok pesantren An-Nur Ngrukem.

Baca juga: Burdah dan Kemustajaban Dibalik Bait-baitnya

Ketiga; masih di area maqbaroh tepatnya di gedung putih makam KH. Najib AQ dengan qori’ santri-santri putra pondok Al-Munawwir Krapyak. Keempat; majelis sima’an bertempat di maqbaroh Sorowajan dengan qori’ yaitu santri-santri putra pondok pesantren Al-Munawwir Krapyak.

Dan yang terakhir, yaitu majelis sima’an yang bertempat di ndalem KH.R. Chaidar Muhaimin dengan qori’nya yaitu ahlein muda Bani Munawwir.

Majelis sima’an putri terbagi menjadi tiga tempat. Pertama; bertempat di aula G pondok pesantren Al-Munawwir Krapyak dengan qori’ yaitu para Ibu Nyai.

Selanjutnya majelis sima’an dengan qori’ para Ibu Nyai juga yang bertempat di komplek K1. Terakhir, majelis sima’an dengan qori’ ahlein muda Bani Munawwir bertempat di ndalem KH. R Chaidar Muhaimin. 

Baca juga: Bahtsul Masail Qur’aniyyah dan Cerita-Cerita yang Dihadirkannya

Para Santri tengah menyimak Al-Qur’an pada kegiatan Majelis Sima’an

Selain majelis sima’an di atas terdapat pula majelis sima’an yang diadakan di komplek-komplek tahfidz pondok pesantren Al-Munawwir Krapyak, seperti komplek Madrasah Huffadz 1, Huffadz 2, Ribathul Qur’an, Komplek L, Komplek AB, Komplek GIPA, Ribath Qur’an Putra, Ribath Qur’an Putri, Komplek Q, komplek R1 & R2, komplek Nurussalam Putri, komplek Asy-Syatibi dan beberapa komplek yang berada di yayasan pondok pesantren Ali Maksum.

Disamping itu terdapat juga Muqaddaman Komplek yang dilakukan oleh para santri pondok pesantren Al-Munawwir Krapyak. Total seluruh muqaddaman yaitu 84 khataman, sebagaimana angka haul pada tahun ini. Terdiri dari 26 komplek yang ada di pondok pesantren Al-Munawwir Krapyak.

Muqaddaman komplek telah mulai pada  tanggal 30 Desember 2022 hingga 01 Januari 2023, dengan rincian dua sampai lima kali khataman setiap kompleknya.

Baca juga: [Press Release] Semarak Haul KH. Muhammad Munawwir Ke-84

Nur Tata

Nur Tata

Nur Tata

2

Artikel