Ngaji Bisnis Bareng Divisi Ekonomi

Ngaji Bisnis Bareng Divisi Ekonomi

Krapyak, Sabtu pagi (26/01/2019 ) para santri-santri berkumpul menghadiri kegiatan ‘Ngaji Bisnis’ yang diadakan oleh Departemen Pemberdayaan Ekonomi (Depemko) Pengurus Pusat PonPes Al-Munawwir Krapyak yogyakarta.

Bertempat di hotel Al Ashri Inn Ali Maksum hadir para pembiacara yang semuanya adalah almuni dari Pondok Pesantren Al-Munawwir, antara lain Pak Suhadi Chozin, beliau santri dari Simbah Yai Warson Munawwir, saat ini memiliki sebuah perusahaan yang bergerak di bidang percetakan dengan nama usaha ‘ELU GRAFIKA’ memiliki spesialisasi dalam pencetakan kalender dan memiliki pelanggan di berbagai daerah pulau jawa. Beliau bisa sampai sekarang karena berkah dari para masyayikhnya yang sejak awal sudah ditatar untuk menjadi pengusaha, tutur beliau.

Pembicara kedua adalah Kang Maftuhin, alumni asal purwokerto yang memiliki usaha di bidang Counter Selular “Setia Cell” berdiri tahun 2006, merupakan toko seluler dengan konsep “one stop shopping” dalam penjualan barang dan jasa di bidang seluler.

Penjualan barang meliputi deposit, perdana, pulsa, asesoris dan handphone. Sedangkan jasa meliputi perbaikan kerusakan handphone, update software, dan custom room. Setia Cell dalam pengembangan usahanya kini didukung karyawan berjumlah 26 orang.

Narasumber ketiga adalah Kang Ahmad Nasihin, alumni asal Magelang ini sekarang menggeluti usaha di bidang souvenir pernikahan. Pak Wo Craft adalah brand dari produksi kerajinan tangannya. ia sudah memiliki pelanggan di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

Banyak pelajaran yang didapat dalam kegiatan ini diantaranya adalah pentingnya wawasan kemandirian terutama di bidang ekonomi untuk santri yang nantinya bisa sangat bermanfaat kelak sudah boyong atau sudah berada di daerah masing-masing.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Depemko ini diharapkan tidak hanya dilakukan pertama dan terakhir, tetapi dilanjutkan dengan agenda-agenda lainya seperti workshop atau kunjungan ke tempat usaha milik alumni, yang diadakan 3 atau 4 bulan sekali sebagai agenda rutin untuk ikhtiar dalam pengembangan wawasan kemandirian ekonomi untuk santri.

Redaksi

Redaksi

Redaksi

Tim Redaksi PP. Al-Munawwir

462

Artikel