Mendidik Diri dengan Good Daily Activity at Ramadhan Kareem

Mendidik Diri dengan Good Daily Activity at Ramadhan Kareem

Persiapan Menuju Ramadhan

Almunawwir.com-Pemerintah sudah menetapkan tanggal satu ramadhan pada tanggal 12 atau esok hari. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh sebagian pihak, seperti pengurus masjid dan lembaga pendidikan yang sudah menyiapkan program pengajian khusus bulan ramadhan. Tak lupa sebagai muslim yang beriman, kita pun harus mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci, agar kelak saat ramadhan dan setelah nya kita bisa menjadi muslim sejati yang dicintai oleh sang Maha Suci.

Banyak sekali keberkahan yang kita dapatkan apabila menjalankan rangkaian ibadah di bulan ramadhan dengan maksimal. Dari saat pertama kita membuka mata di pagi hari hingga memejamkan mata di malam hari, semua pekerjaan yang didasari niat baik dengan kondisi puasa bakal dipenuhi dengan keberkahan, bahkan tidurnya orang yang berpuasa pun bisa dikatakan ibadah.

Setiap waktu di bulan ramadhan adalah pendidikan, apabila kita menjalani ramadhan dengan baik maka secara tidak langsung kita telah mendidik diri kita untuk menjadi insan kamil. Beberapa waktu dan kegiatan yang bisa dilakukan agar bulan ramadhan kali ini menjadi maksimal meliputi

Fadhilah Sahur

Bangun di pagi hari, Sahur menjadi salah satu ciri khas yang dilakukan oleh orang yang berpuasa dan membangunkan sahur menggunakan toa mushola adalah ciri khas bulan ramadhan. Waktu sahur ini menjadi salah satu kegiatan yang bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya, sebelum sahur kita bisa melakukan sholat tahajud yang mana banyak sekali fadilah yang bisa kita dapatkan. Tak hanya itu, kita juga bisa membantu ibu kita untuk menyiapkan makanan sahur, jika kedua pekerjaan ini dilakukan, maka kita sudah mendapatkan banyak sekali keberkahan di pagi hari.

Lapar Dahaga bukanlah Penghalang

Bekerja di siang hari, seorang kepala keluarga yang bekerja di bawah panasnya terik matahari untuk menafkahi keluarga, agar keluarganya bisa menyantap hidangan mantap sahur dan berbuka, maka sudah terjamin setiap langkah dan tetesan keringatnya menjadi berkah. Begitupun sama bagi seorang anak yang melawan ngantuk dan lapar saat menuntut ilmu baik itu ilmu agama maupun umum maka itu bisa dikatakan sebagai ibadah.

Jangan Lupa Solat Dhuha nya, Ya!

Sholat dhuha, tidak afdol rasanya jika di bulan suci ramadhan kita melewatkan sholat dhuha begitu saja. Salah satu cara untuk menarik pintu rezeki adalah dengan sholat dhuha, dengan sholat dhuha rezeki kita akan dilancarkan dan dipermudah serta yang terpenting yaitu mendapatkan berkah.

Baca Juga:

Berbagi Takjil untuk Membuka Rezeki

Berbagi di sore hari, Takjil gratis saat bulan ramadhan menjadi hal yang lumrah dan ditunggu-tunggu oleh para perantau. Saya sangat bersyukur ketika banyak sekali takjil gratis yang bisa didapatkan ketika bulan ramadhan, ini menandakan banyak orang yang menabung pahala dan peduli akan sesama. Saya harap saling berbagi ini terus dilestarikan dalam sepanjang hidupnya dan semoga orang yang melakukan diberikan rezeki yang melimpah supaya semakin banyak rezeki yang dibagikan.

Saling berbagi ini perlu kita lakukan sebagai bukti bahwa semua ini hanyalah titipan, hal ini perlu kita asah agar kita menjadi pribadi yang ikhlas, terlebih jika kita melakukannya di bulan ramadhan yang segala amal dilipat gandakan bahkan seseorang yang memberikan makan seorang yang berpuasa akan mendapatkan pahala yang setimpal dengan seorang yang berpuasa tersebut.

Ramadhan at Night is a Good Vibes

Setelah kita menyantap hidangan buka puasa, kita melanjutkan ibadah sholat isya dan tarawih berjamaah. Saya merasakan hal yang berbeda ketika ramadhan, selain bulan ramadhan saya melakukan sholat jamaah isya di rumah tetapi ketika ramadhan saya melakukanya di masjid, hal ini pun ternyata dilakukan oleh berbagai umat muslim, karena pada saat ramadhan setelah sholat isya kita langsung melaksanakan shalat tarawih maka mau tidak mau kita harus sholat isya berjamaah di mushola, ini menjadi hal yang sangat baik apabila kita melakukanya secara konsisten hingga akhir hayat kita.

Tadarus di saat malam hari merupakan rutinitas yang bisa kita lakukan untuk mendekatkan kepada sang ilahi, hal ini bisa kita lakukan baik setelah sholat tarawih pas ataupun sebelum tidur agar tidur kita terjaga, semua ini pilihan saudara asalkan saudara melakukanya sebagai bentuk upaya mendidik dan memperbaiki diri. Tak hanya itu, kita juga bisa berdiam diri di mushola untuk mendekatkan diri pada ilahi, dengan begitu anda akan lebih tenang dan terhindar dari masalah mental.

Syahru Ramadhan, Syahru Quran, Syahru Kariim

Saat ramadhan, kita sering di dawuhkan supaya bisa mengkhatamkan tiga puluh juz dalam kurun waktu satu bulan, hal ini tentu menjadi hal  yang sangat positif agar kita dekat dengan al-quran. Berbagai cara telah dilakukan seperti membuat jadwal dan target harian supaya bisa mencapai target, tetapi terkadang di pertengahan ramadhan kita sudah kehilangan semangat, itulah tantangan yang harus kita selesaikan, kekonsistenan kita diuji, jika kita secara konsisten melakukannya hingga khatam maka pendidikan yang kita terapkan pada diri kita bisa dikatakan berhasil.

Baca Juga:

Selain menjadikan bulan ramadhan sebagai bulan pendidikan, kita juga harus menjadikan bulan ini menjadi bulan panen kebaikan dan keberkahan, jika diibaratkan seperti perkebunan, maka bulan ramadhan ini adalah waktu lagi subur-suburnya untuk menanam segala jenis tanaman, maka sebaik dan sebanyak banyaknya kita harus menanam tanaman tersebut agar mendapatkan hasil yang berlimpah.

Penulis: Ahmad Najiullah

editor: Manazila Ruhma

Redaksi

Redaksi

admin

530

Artikel